Rabu, 27 Agustus 2014

duniavern Artinya Apa?



Untuk urusan dunia maya saya memang lebih sering menggunakan nick "duniavern". Bukan masalah tidak pede dengan nama asli, namun agaknya saya lebih nyaman menggunakan nick dari pada nama asli supaya bisa membedakan mana teman dari dunia maya dan mana teman dari dunia nyata.

Awalnya seperti itu namun lama kelamaan, di dunia nyatapun akhirnya saya sering dipanggil "vern"juga. Tidak masalah, dipanggil apapun karena nama saiful dan nama vern sama-sama punya arti didalamnya. Postingan ini sebenarnya bertujuan menjawab pertanyaan dari sebagian teman-teman yang suka iseng menanyakan "duniavern itu artinya apa?". Bukan tidak mau menjawab tapi rasanya hal ini bukan sesuatu yang serius untuk dijawab. Namun karena pertanyaan ini terus berulang maka saya akan membuka tabir dibalik nick "duniavern, heee. Berikut ini penjelasan arti nama dan sejarah dari duniavern.

Flashback beberapa tahun lalu sekitar tahun 2005/2006 jaman masih unyu-unyu. Sebagai seorang anak SMP yang polos, ada tren tersendiri di sekolah yaitu membuat nick untuk keren-kerenan. Lucu memang, padahal hanya sebatas untuk keren-kerenan tapi saya amat serius untuk mencarinya. Agar terlihat keren dan bermakna maka diambillah sebuah buku tebal di lemari perpustakaan rumah. Saat itu tangan saya dengan pede mengambil sebuah kamus bahasa inggris indonesia yang tebal.

Walaupun untuk keren-kerenan namun saya selalu ingat pesan dari orang tua bahwa nama adalah doa, assssah ngakak juga kalau inget ini.Yups biar keren dan bermakna maka saya mencari nick di dalam kamus bahasa inggris. Ada strategi khusus yang saya lakukan dalam mencari nick. Huruf awal yang saya cari adalah X, Z, R, V, W. Mengapa saya mencari di huruf-huruf ini? Penamaan sepeda motor mempengaruhi saya dalam menilai sesuatu keren atau tidak. Lihat saja Shogun R, Supra X,Jupiter Z. Jadi kalau ada embel-embel huruf itu maka akan lebih sepesial dari yang biasa. Bisa jadi juga pemikiran saya ini terbawa oleh serial anime manga tokusastu, seperti samurai-X, kamenrider V, dan lain sebagainya. Huruf-huruf di akhir alfabet punya daya magis untuk membuat sesuatu menjadi keren. Polos banget ya saya saat itu.


Berhari-hari mencari nick yang cocok akhirnya saya mantap untuk mengambil nama "wyvern". Sebuah nama yang amat keren dengan arti yang keren juga. Rasanya perjuangan saya membuka kamus tebal itu terbayarkan juga. Wyvern (bahasa Inggris: wyvern; /ˈwvərn/) adalah makhluk mitologis bersayap dengan kepala naga, tubuh reptil, dua kaki (kadang-kadang tidak ada), dan ekor bergelung. Nah keren kan, cukup bangga rasanya seorang anak smp menemukan kata "wyvern". Imej yang saya yakini dengan nick wyvern adalah saya bisa terbang kemana saja dan mampu menghalang rintangan yang ada. Sebuah doa penuh makna, semoga saya mampu meraih semua impian.

Walaupun nyaman dengan nick wyvern namun setelah SMA sekitar tahun 2007/2008 saya harus berfikir ekstra keras saat mengenal dunia maya. Nick "wyvern" sudah amat banyak yang menggunakan, akhirnya saya harus merubah nick itu. Beruntung saya sudah lebih tidak polos seperti dulu, jadi tidak iseng membuka kamus lagi haha. Akhirnya muncul penambahan kata "sai" sebelum "wyvern". Dengan nick "sai_wyvern" akhirnya saya mendaftar di forum pertama saya indoakatsuki. Terdaftar sebagai member ke-12 kalau nggak salah, sekarang forumnya sudah besar dan entahlah bagaimana nasibnya kini, udah lama nggak mampir sih.


Waktu berlalu dan saya semakin dewasa (weheeee). Terlalu ribetnya nama sai_wyvern akhirnya saya harus merevisi. Dengan tidak melupakan makna "wyvern" akhirnya saya mengambil "vern" dan menggabungkannya dengan "dunia". Yang terbesit saat itu nantinya saya bisa membangun sebuah dunia saya sendiri yaitu "duniavern". Sebuah dunia yang dibangun dari semua angan-angan saya. Nama adalah doa dan saya masih percaya itu sampai sekarang. Sudah banyak karya yang bisa saya hasilkan dari sebuah nick "duniavern".

wyvern - duniavern - vern atau saiful, inilah saya. Panggil yang mana saja tak masalah karena inilah saya.

where you can find me? mention me

 
Back To Top