Jumat, 10 Oktober 2014

Mengatur Google Form Agar Tidak Membosankan



Kali ini saya akan berbagi tips menggunakan google forms. Layanan google form boleh dikatakan sebuah layanan yang amat bermafaat. Namun kadang tidak kita manfaatkan dengan maksimal. Ada beberapa tips agar google forms lebih nyaman digunakan. Walaupun tips dan trik mengatur google forms ini terbilang remeh namun pada aplikasinya membuat form yang kita buat lebih powerfull lagi.

Salah satu hal yang paling menyebalkan saat mengisi form adalah ribet karena terlalu banyak yang harus diisi. Trik mengatasi hal ini yaitu membagi pertanyaan menjadi beberapa halaman. Jadi User diberikan waktu untuk bernafas saat mengisi forms. Dengan membagi forms menjadi beberapa halaman ini juga membuat halaman terlihat ringkas sehingga user nyaman untuk mengisi form.


Untuk membagi satu forms menjadi beberapa halaman yang harus kita lakukan adalah mengunakan fitur Page Break. Dengan menggunakan fitur ini kita bisa membagi forms kedalam beberapa sub pertanyaan.



Tips selanjutnya agar user nyaman mengisi forms yaitu aktifkan fungsi progress bar. Kepastian adalah suatu hal lumrah yang selalu diinginkan semua orang, begitupun user saat mengisi forms. Adanya progress bar ini mampu memenuhi kebutuhan user akan kepastian kapan mereka bisa selsesai mengis forms. Tanpa adanya progress bar, bisa dipastikan akan ada user yg meninggalkan halaman sebelum mereka mengisi seluruh forms yang ada.




Dengan adanya tips dan trik menggunakan google forms semoga saja pengguna lebih nyaman mengisi form untuk survey atau untuk kebutuhan lainnya. Semoga postingan kali ini bisa bermanfaat...

 
Back To Top