Sabtu, 30 Agustus 2014

Pentingnya Ruang Kerja Khusus Pekerja Rumahan



Banyak para pekerja yang kerjanya dirumah menganggap remeh ruang kerja. Seringkali tidak disiapkan sebuah ruangan atau tempat khusus untuk bekerja. Ada anggapan kalau berkerja dirumah ya bisa bebas semau kita. Kesempatan kali ini saya akan berbagi pendapat, mengapa kita juga perlu ruangan kerja walaupun bekerja di rumah.

Berdasarkan pengalaman saya, adanya ruang kerja lebih memacu tingkat produktifitas. Percaya atau tidak, ketika berada di ruang kerja maka alam bawah sadar kita akan memerintahkan kita untuk fokus bekerja. Ketika fokus maka pekerjaan akan cepat selesai.

Ketika semua peralatan siap dan tertata sedemikian rupa, kita akan menjadi lebih nyaman dalam menjalani pekerjaan. Jika tidak dibuat ruang kerja khusus, perhatian tidak sepenuhnya tertuju pada pekerjaan. Yang banyak terjadi yaitu tergoda melakukan hal lain. Wajar saja, ketika bekerja dirumah tidak ada yang memonitor. Penataan ruangan yang nyaman dan ready untuk bekerja akan mengurangi godaan.

Dengan adanya ruang kerja ini maka jam kerja kita juga akan semakin jelas. Bayangkan, kalau tidak ada ruanganan ini maka walaupun kita sedang bekerja tapi anggapan orang rumah melihat kita seperti menganggur. Saya sering menghadapi keluhan dari teman-teman saya, orang rumah mengaggapnya seperti pengagguran, karena tiap hari hanya di kamar saja. Anggapan itu wajar saja, karena mindset sebagian orang bahwa bekerja ya di kantor bukan dirumah. Oleh sebab itu pentingnya ruangan kerja ini untuk menciptakan mindset bagi semua penghuni rumah bahwa pada dasarnya kita juga sedang bekerja. Deangan terciptanya mindset yang positif maka hasil pekerjaan kita akan semakin baik.



Sebagai developer IT, dan sering bekerja dirumah, pemaparan ini berdasarkan pengalaman pribadi. Alhamdulillah setelah saya membuat sebuah ruang kerja khusus maka hasilnya amat terasa. Tips dari saya, ruang kerja bukan berarti harus membuat ruangan baru, namun menkodisikan ruangan tertentu untuk bekerja. Bisa jadi ruang kerja ini hanya berupa sebuah meja di ruang keluarga. Alternatif seperti ini tidak apa-apa, yang penting tertata rapi. Satu hal penting yaitu, jagan tempatkan ruang kerja di ruang tidur, percayalah anda tidak akan konsen untuk bekerja.

Penjelasanan singkat diatas semoga bermanfaat. 

1 komentar:

sangat setuju sama ini...
meja kerja itu penting :)

Balas

 
Back To Top