Langsung ke konten utama

Mengatur Google Form Agar Tidak Membosankan



Kali ini saya akan berbagi tips menggunakan google forms. Layanan google form boleh dikatakan sebuah layanan yang amat bermafaat. Namun kadang tidak kita manfaatkan dengan maksimal. Ada beberapa tips agar google forms lebih nyaman digunakan. Walaupun tips dan trik mengatur google forms ini terbilang remeh namun pada aplikasinya membuat form yang kita buat lebih powerfull lagi.

Salah satu hal yang paling menyebalkan saat mengisi form adalah ribet karena terlalu banyak yang harus diisi. Trik mengatasi hal ini yaitu membagi pertanyaan menjadi beberapa halaman. Jadi User diberikan waktu untuk bernafas saat mengisi forms. Dengan membagi forms menjadi beberapa halaman ini juga membuat halaman terlihat ringkas sehingga user nyaman untuk mengisi form.


Untuk membagi satu forms menjadi beberapa halaman yang harus kita lakukan adalah mengunakan fitur Page Break. Dengan menggunakan fitur ini kita bisa membagi forms kedalam beberapa sub pertanyaan.



Tips selanjutnya agar user nyaman mengisi forms yaitu aktifkan fungsi progress bar. Kepastian adalah suatu hal lumrah yang selalu diinginkan semua orang, begitupun user saat mengisi forms. Adanya progress bar ini mampu memenuhi kebutuhan user akan kepastian kapan mereka bisa selsesai mengis forms. Tanpa adanya progress bar, bisa dipastikan akan ada user yg meninggalkan halaman sebelum mereka mengisi seluruh forms yang ada.




Dengan adanya tips dan trik menggunakan google forms semoga saja pengguna lebih nyaman mengisi form untuk survey atau untuk kebutuhan lainnya. Semoga postingan kali ini bisa bermanfaat...

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Punya Iman Kok Lemah? Ya Saya Memang Lemah

Belakangan ini muncul istilah "punya iman kok lemah", entah darimana asalanya dan siapa yang memulai. Harus disadari antitesis dari pernyataan ini adalah "Imanku kuat kok". Pernyataan pertama dan pernyataan kedua punya arti yang amat bertentangan. Permasalahannya adalah haruskah saya mengungkapkan kata "Iman saya kuat kok"? Salah satu perilaku yang tak disukai oleh Allah adalah perilaku sombong. Ada banyak contoh perilaku sombong salah satunya adalah memamerkan apa yang dimilikinya. Jika kita mengatakan "Iman saya kuat" ini sudah mengindikasikan bahwa muncul sombong dalam diri kita. Kita menyombongkan kadar keimanan dalam diri kita. Terlebih lagi bahwa keimanan kita sebenernya tidak dapat kita hitung. Jadi kita menyombongkan sesuatu yang tidak kita miliki. Lalu kita harus menjawab apa terhadap pertanyaan "Punya Iman Kok Lemah"? Jawaban yang tepat adalah "Ya memang iman saya lemah". Tak ada yang memiliki keimanan ya...

Setelah Turun Hujan

Setelah Turun Hujan merupakan sebuah project hasil sisi lain dalam diri saya. Selama ini saya selalu berada dibalik layar untuk urusan musik, menjadi penulis lagu dan manager untuk band Oneday Jogja . Bisa dibilang ini adalah project iseng saya. Mengambil jalur hiphop yang khas dengan syair tema sehari-hari, lagu setelah turun hujan bercerita tentang bahwa akan ada momen indah setelah kesedihan, seperti sebuah pelangi yang akan tampak setelah turun hujan. Download : Dropbox | Soundcloud bukan sebuah tangisan, setelah turun hujan akan ada pelangi, yang cerahkan hari mendungpun berganti, datanglah mentari hadirkan ceria, tuk laanjutkan hari hari-harimu kini lewatilah lagi sebuah babak baru, dalam hidupmu mari mulai lagi, senyum ceria ini mari mulai lagi, senyum ceria ini langkah kaki lewati hari tetap tersenyum dan jangan menyerah tetap bahagia dan terus percaya mendukungkungmu dari belakang, terus berdoa percayalah saja lewati semua aral merintang, itu pasti ada ...

Belajar Bikin Iklan - Review Advertising Genius Lee Tae Bak (KDrama)

oke sesi review ngasal kali ini saya akan review tentang k-drama lagi. Ini sebenernya drama udah lama sih, artikel review ini juga udah lama sebenernya, ditulis waktu dramanya masih ongoing. Kebetulan habis bongkar-bongkar isi hardisk nemu file .txt notepad dibukak ternyata review drama ini.  Oh ya buat yang anti korea silahkan close aja, tapiii setelah baca review dari saya :p Ada yang bilang korea isinya girl band atau boy band. Yah terserah sih apa pendapat anda tapi kalau boleh jujur orang korea itu cantik-cantik, ohohohoho. Banyak yang bilang juga artis korea itu wajahnya hasil operasi plastik, tapiii masa bodoh. Yang penting enak dipandang, saya juga cuma liat di film doang kok. halah malah ngelindur bahas yang lain. Oke kdrama advertising genius lee tae bak saya rekomendasikan untuk orang yang berkecimpung di dunia kreatif. Ini juga recomended buat yang baru belajar marketing. Sesuai judulnya ini film tentang kehidupan pembuat iklan. Dari film ini saya faham betu...